Syarat
– syarat Membuat iklan
Perlu kita ketahui syarat dalam membuat sebuah
iklan. Pasti belum terlalu banyak orang yang mengetahui syarat tersebut. Namun
seiring dengan perkembangan zaman, saat ini banyak orang yang terjun di bidang
bisnis yang sangat membutuhkan periklanan untuk mengembangkan sekaligus
mempromosikan barang atau hasil karya yang mereka buat.
Berikut merupakan syarat dalam membuat sebuah iklan
yaitu :
1. Bahasa
Iklan.
Bahasa
Iklan mnggunakan Pilihan kata yang tepat, sopan dan logis, demi menarik minat
bagi komsumen. Ungkapn majas yang digunakan untuk memikat dan sugestif, disusun
secara singkat an menonjolkan bagian – bagian yang di pentingkan.
2. Isi Iklan.
Isi
dalam sebuah iklan harus objektif, jujur, singkat, jelas, dan tidak menyinggung
golongan tertentu atau produsen lain. Iklan yang dibuat juga mengutamakan iklan
yang menarik perhatian banyak orang.
Tujuan
Membuat Iklan
Kita
sering melihat iklan, baik di media cetak ataupun media elektronik.
Sesungguhnya setiap iklan memiliki tujuan yang berlainan. Ada iklan yang ditujukan
untuk mengenalkan produk; ada yang bertujuan untuk mengingatkan orang akan
sebuah merk; ataupun ada juga yang membujuk audiens untuk membeli produk yang
ditawarkan. Berikut dijelaskan secara rinci tiga tujuan dari komunikasi
periklanan. Tiga tujuan itu adalah sebagai berikut :
Informing
·
Menginformasikan
pelanggan mengenai keberadaan suatu produk baru
·
Memperkenalkancarapemakaianbarudariprodukerten
·
Menyampaikan
perubahan harga kepada pelanggan
·
Menjelaskan
cara kerja suatu produk
·
Meluruskan
kesan yang keliru
·
Membangun
citra perusahaan
Persuading
·
Membentuk
pilihan produk atau merek
·
Mengalihkan
pilihan ke produk tertentu
·
Mengubah
persepsi pelanggan terhadap atribut produk
·
Mendorong
calon pelanggan untuk melakukan pembelian
Reminding
·
Mengingatkan
pelanggan akan tempat-tempat pembayaran listrik
·
Mengingatkan
pelanggan untuk menggunakan listrik secara hemat
·
Membuat
pelanggan tetap ingat walau tidak ada kampanye iklan layanan masyarakat
·
Sementara
itu perancangan isi atau materi iklan bisa mengacu pada tiga pendekatan. Tiga
jenis
pendekatan itu adalah sebagai berikut :
Rational Appeal (Daya tarik
rasional)
·
Beorientasi
pada pemberian informasi yang bersandar pada fakta-fakta yang rasional
·
Mengedepankan
benefit fungsional dari suatu produk (ada value addedd yang nyata)
·
Pesan
menggambarkan mutu, nilai ekonomis, atau kinerja produk
·
Contoh
: iklan mobil panther yang mengedepankan nilai irit bahan bakar
Emotional Appeal (Daya tarik
emosional)
·
Beorientasi
pada upaya untuk menggelitik aspek emosi dan perasaan (feeling) pelanggan
·
Mengedepankan
nilai prestise suatu produk; memiliki produk diasosiasikan dengan gengsi tertentu
·
Contoh
: iklan mobil KIA, atau iklan Shampo PANTENE atau sabun kecantikan LUX
Moral Appeal (Daya tarik moral)
·
Beorientasi
pada upaya menggugah nurani pelanggan akan hal yang baik/benar atau
bermoral/tidak bermoral
·
Sering
digunakan dalam iklan layanan masyarakat, seperti bahaya narkoba, AIDS, dan
kampanye anti korupsi
http://ridhopambudi7.blogspot.com/2012/07/sistem-informasi-dan-manfaat-bagi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar